CAR HISTORY

ISDERA

 File:Isdera.JPG

ISDERA atau Ingenieurburo für Styling, desain und Racing (Rekayasa perusahaan untuk Gaya, Desain dan Balap) adalah perusahaan mobil swasta yang berbasis di sebuah bengkel kecil di Hildesheim, Jerman. Perusahaan ini sebelumnya berbasis di Leonberg, Jerman. Setiap mobil sport dibangun hand-made oleh sebuah tim kecil, dan satu-satunya cara untuk membeli Isdera adalah dengan memanggil CEO-nya langsung. Setiap kendaraan yang dipesan oleh pembeli membutuhkan enam bulan untuk diselesaikan.

Sejarah

Kendaraan pertama yang dirancang oleh Eberhard Schulz muncul pada tahun 1969. Itulah Erator GTE, replika mobil balap Ford GT40. Pada tahun 1978, Mercedes-Benz disajikan mobil konsep CW 311, direkayasa oleh Schulz dan dipromosikan oleh perusahaan B&B.

Perusahaan Isdera didirikan pada tahun 1981 di Leonberg. Mobil pertamanya, Spyder 033, dikeluarkan pada tahun 1982. Beberapa kendaraan lain dalam sejarah perusahaan adalah Spyder 033-16 tahun 1985, Spyder 036i tahun 1987, dan Isdera Imperator 108i tahun 1984. Setiap model tersebut diperkenalkan pada Geneva Motor Show, Swiss .















Isdera Spyder 036i

















Isdera Imperator 108i

Pada tahun 1993, Isdera merancang Commendatore 112i, dengan bobot 1.450 kg, Akselerasi 0 hingga 60 mph dalam 4,7 detik, dan memiliki kecepatan tertinggi 342 km/h (213 mph). Mobil ini bermesin Mercedes-Benz 6.0 Liter, V12 yang memproduksi 402 hp (300 kW) dan transmisi manual 6-speed. Isdera Commendatore memiliki banyak fitur canggih dan unik, seperti dua set pintu gull-wing, sasis yang sensitif terhadap kecepatan yang mampu merendahkan tinggi mobil dalam kecepatan tinggi, dan rem udara otomatis. Isdera 112i ini juga tampil dalam video game Need for Speed ​​II di PlayStation 1.



















Isdera Commendatore 112i

Diperkirakan 70 mobil telah terjual oleh Isdera sejak tahun 1983. Proyek sejak tahun 1993 telah disimpan rahasia oleh Isdera. Usaha otomotif terbaru perusahaan dan angka penjualan belum dirilis ke masyarakat umum.

Pada tahun 1999, Isdera menghasilkan prototipe yang berfungsi penuh yang disebut Silver Arrow C112i. Kendaraan ini berbagi sasis dengan Commendatore 112i, tetapi didukung oleh mesin Mercedes-Benz V12 berkekuatan 611 hp (456 kW). Kecepatan tertinggi mobil ini tercatat 230 mph (370 km/jam). Pada saat diperkenalkan, Silver Arrow adalah satu-satunya mobil di dunia untuk fitur lifting-airbrake otomatis.

Prototipe dari Silver Arrow ditawarkan untuk dijual di eBay pada bulan Oktober 2005 seharga US $ 3 juta, tapi tidak laku terjual. Pada saat lelang, mobil itu terletak di Swiss.

Pada tahun 2006, Isdera memperkenalkan Autobahnkurier AK116i, kendaraan kontroversial yang didukung oleh dua mesin Mercedes-Benz V8 - satu untuk setiap poros - dari W126-500SE, dan mengingatkan kita pada mobil touring tahun 1930-an.
















Isdera Autobahnkurier AK116i