TOYOTA COMFORT
//Famous Taxi in Asia
Toyota Comfort, dirilis pada tahun 1995, dirancang untuk digunakan sebagai
taksi di Jepang. Pesaing utamanya adalah Nissan Kru (dihentikan pada Juni 2009)
dan Cedric Y31. Versi-wheelbase panjang, yang disebut Toyota Crown Comfort
tersedia di Jepang dan juga diekspor ke Hong Kong dan Singapura.
The
Crown Comfort adalah taksi populer di Jepang, Hong Kong dan Singapura. Menggunakan
penggerak roda belakang. Beberapa versi dapat lisensi untuk membawa 5 penumpang
(termasuk pengemudi). Versi 6-seater menggunakan transmisi di kolom setir
sedangkan versi lima-seater memiliki transmisi di lantai dek. Model Jepang
memiliki cermin pengintip otomatis (diaktifkan oleh pengemudi) di pintu belakang
(juga standar di Hong Kong).
Sejak
tahun 2005, Toyota telah menjual 36.400 Comforts. Mobil ini populer oleh
perusahaan taksi dan sekolah mengemudi di Jepang. Saat ini, juga dijual di Hong
Kong, terutama sebagai taksi. Pada tahun 2010, mobil ini dinamai oleh Akio
Toyoda , Presiden Toyota, menjelaskan bahwa "Mobil itu sendiri tidak
spektakuler tapi sangat penting untuk Toyota. Dapat dikendarai selama
bertahun-tahun oleh semua orang dari pemula sampai ahli. Dan ini adalah bukti
bahwa mobil ini adalah simbol dari kualitas, daya tahan dan kehandalan Toyota".
Kenyamanan
ini didukung baik olehmesin diesel atau mesin LPG. Fungsi auto stop-start juga
tersedia untuk beberapa versi di pasar Jepang.
The
Crown Comfort menggunakan 1.998 cc 1TR-FPE mesin dengan 83 kW (113 PS) pada
4.800 rpm pada LPG.
Ada
model perubahan kecil dirilis pada akhir tahun 2007. Fitur baru termasuk lampu
belakang memanjang dan atap baru. Model baru ini juga menawarkan standar emisi
yang lebih ketat yang ditetapkan oleh Toyota Jepang dan menggunakan lampu LED.
|
Rasio
kompresi
|
10,6: 1
|
|
Mesin
|
SOHC 3Y-PE
inline-4, 1.998 cc (LPG)
DOHC 1TR-FPE
inline-4, 1.998 cc (LPG)
DOHC 1TR-FRE
inline-4, 1.998 cc (LPG-HK)
DOHC 1G-GPE
inline-4 1.998 cc (bensin)
|
|
Diameter x
Langkah
|
86mm x 86mm
|
|
Daya
maksimum
|
79 PS (58
kW) pada 4.400 rpm (3Y-PE)
113 PS (83
kW) pada 4.800 rpm (1TR-FPE)
114 PS (84
kW) pada 4.800 rpm (1TR-FRE)
|
|
Torsi
maksimum
|
160 Nm (£
118 • ft) pada 2.400 rpm (3Y-PE)
186 Nm (£
137 • ft) pada 3.600 rpm (1TR-FPE)
189 Nm (£
139 • ft) pada 3.600 rpm (1TR-FRE)
|
|
Transmisi
|
4-speed
otomatis
4-speed
manual
Manual
5-speed
|
Untuk
mengurangi biaya yang tidak perlu dan meningkatkan ruang interior (dengan
penekanan pada ruang kabin belakang), dashboard yang lebih mewah dan
perlengkapan (termasuk jok kulit) dari Crown Royal digantikan dengan bahan plastik
dengan desain yang sangat sederhana. Dalam rangka untuk mengurangi biaya
pemeliharaan, menggunakan desain mekanis yang sangat sederhana seperti suspensi
independent.

