TOYOTA COMFORT

//Famous Taxi in Asia



Toyota Comfort, dirilis pada tahun 1995, dirancang untuk digunakan sebagai taksi di Jepang. Pesaing utamanya adalah Nissan Kru (dihentikan pada Juni 2009) dan Cedric Y31. Versi-wheelbase panjang, yang disebut Toyota Crown Comfort tersedia di Jepang dan juga diekspor ke Hong Kong dan Singapura.

The Crown Comfort adalah taksi populer di Jepang, Hong Kong dan Singapura. Menggunakan penggerak roda belakang. Beberapa versi dapat lisensi untuk membawa 5 penumpang (termasuk pengemudi). Versi 6-seater menggunakan transmisi di kolom setir sedangkan versi lima-seater memiliki transmisi di lantai dek. Model Jepang memiliki cermin pengintip otomatis (diaktifkan oleh pengemudi) di pintu belakang (juga standar di Hong Kong).

Sejak tahun 2005, Toyota telah menjual 36.400 Comforts. Mobil ini populer oleh perusahaan taksi dan sekolah mengemudi di Jepang. Saat ini, juga dijual di Hong Kong, terutama sebagai taksi. Pada tahun 2010, mobil ini dinamai oleh Akio Toyoda , Presiden Toyota, menjelaskan bahwa "Mobil itu sendiri tidak spektakuler tapi sangat penting untuk Toyota. Dapat dikendarai selama bertahun-tahun oleh semua orang dari pemula sampai ahli. Dan ini adalah bukti bahwa mobil ini adalah simbol dari kualitas, daya tahan dan kehandalan Toyota".


Kenyamanan ini didukung baik olehmesin diesel atau mesin LPG. Fungsi auto stop-start juga tersedia untuk beberapa versi di pasar Jepang.

The Crown Comfort menggunakan 1.998 cc 1TR-FPE mesin dengan 83 kW (113 PS) pada 4.800 rpm pada LPG.

Ada model perubahan kecil dirilis pada akhir tahun 2007. Fitur baru termasuk lampu belakang memanjang dan atap baru. Model baru ini juga menawarkan standar emisi yang lebih ketat yang ditetapkan oleh Toyota Jepang dan menggunakan lampu LED.

Rasio kompresi
10,6: 1
Mesin
SOHC 3Y-PE inline-4, 1.998 cc (LPG)
DOHC 1TR-FPE inline-4, 1.998 cc (LPG)
DOHC 1TR-FRE inline-4, 1.998 cc (LPG-HK)
DOHC 1G-GPE inline-4 1.998 cc (bensin)
Diameter x Langkah
86mm x 86mm
Daya maksimum
79 PS (58 kW) pada 4.400 rpm (3Y-PE)
113 PS (83 kW) pada 4.800 rpm (1TR-FPE)
114 PS (84 kW) pada 4.800 rpm (1TR-FRE)
Torsi maksimum         
160 Nm (£ 118 • ft) pada 2.400 rpm (3Y-PE)
186 Nm (£ 137 • ft) pada 3.600 rpm (1TR-FPE)
189 Nm (£ 139 • ft) pada 3.600 rpm (1TR-FRE)
Transmisi        
4-speed otomatis
4-speed manual
Manual 5-speed

Untuk mengurangi biaya yang tidak perlu dan meningkatkan ruang interior (dengan penekanan pada ruang kabin belakang), dashboard yang lebih mewah dan perlengkapan (termasuk jok kulit) dari Crown Royal digantikan dengan bahan plastik dengan desain yang sangat sederhana. Dalam rangka untuk mengurangi biaya pemeliharaan, menggunakan desain mekanis yang sangat sederhana seperti suspensi independent.